Tips Mencegah Kanker Getah Bening Sejak Dini

Home / Gaya Hidup / Tips Mencegah Kanker Getah Bening Sejak Dini
Tips Mencegah Kanker Getah Bening Sejak Dini Ilustrasi - Tips mencegah kanker getah bening (FOTO: hellosehat.com)

TIMESTULUNGAGUNG, JAKARTAKanker getah bening atau limfoma terjadi ketika jumlah limfosit dalam tubuh menjadi tidak terkendali. Limfosit adalah sejenis sel darah putih yang melindungi tubuh Anda dari infeksi. Saat jumlahnya tak terkendali, tubuh dapat mengalami beragam gejala.

Melansir American Cancer Society, tidak ada cara khusus yang bisa sepenuhnya melindungi Anda dari limfoma. Meski demikian, Anda dapat menurunkan risikonya dengan cara berikut.

1. Melindungi diri dari penyakit infeksi

Sejumlah penyakit infeksi bisa meningkatkan risiko kanker getah bening. Misalnya, infeksi HIV penyebab AIDS atau infeksi bakteri H. pylori pada lambung. Maka dari itu, untuk mencegah kanker getah bening, berarti Anda juga perlu melindungi diri dari infeksi tersebut.

Hindari perilaku berisiko yang dapat memicu infeksi HIV, seperti berhubungan seks dengan lebih dari satu pasangan atau menggunakan narkoba suntik. Guna mencegah infeksi H. pylori, jaga kebersihan diri Anda dan makanan yang Anda konsumsi.

2. Mengelola stres dengan baik

Stres berkepanjangan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat Anda rentan terhadap berbagai penyakit, mulai dari penyakit akibat infeksi hingga kanker pada kelenjar getah bening. Mengelola stres adalah langkah awal yang baik untuk mencegah kanker getah bening.

3. Menjaga penyakit terkait sistem kekebalan tubuh tetap terkendali

Beberapa orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Penyebabnya bisa berasal dari penyakit, pengobatan, dan sebagainya. Di sisi lain, ada pula orang yang mengalami penyakit autoimun sehingga sistem kekebalannya menyerang jaringan tubuh sendiri.

Keduanya dapat meningkatkan risiko kanker getah bening. Jika Anda memiliki salah satu kondisi tersebut, cara terbaik untuk mencegah kanker getah bening adalah dengan menjaga agar penyakit tetap terkendali.

4. Menghindari paparan radiasi dan zat kimia yang tidak diperlukan

Radiasi dan zat kimia dapat memengaruhi limfosit dan meningkatkan risiko kanker getah bening. Paparan tersebut bisa berasal dari prosedur medis seperti Rontgen, bahan kimia dalam pertanian, lingkungan industri, dan lain-lain. Paparan dalam jumlah kecil dan singkat mungkin tidak berbahaya, tapi paparan jangka panjang bisa memengaruhi kesehatan.

5. Menjaga berat badan

Berat badan berlebih dan obesitas memiliki kaitan yang erat dengan penyakit kanker getah bening. Bagaimana hal itu bisa terjadi belum diketahui secara pasti. Namun, obesitas memang diketahui dapat melemahkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Seperti pencegahan jenis kanker lainnya, gaya hidup sehat memiliki andil yang besar dalam menurunkan risiko kanker getah bening. Hal ini akan menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga tidak rentan terhadap infeksi maupun kanker. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com