Bob Hasan Meninggal Dunia, Jagat Atletik Indonesia Berduka

Home / Berita / Bob Hasan Meninggal Dunia, Jagat Atletik Indonesia Berduka
Bob Hasan Meninggal Dunia, Jagat Atletik Indonesia Berduka Bob Hasan, pengusaha sekaligus eks Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Soeharto, meninggal dunia pada Selasa (31/3/2020). (FOTO: Republika Online)

TIMESTULUNGAGUNG, JAKARTA – Jagat olahraga atletik Nasional telah kehilangan tokohnya,  Bob Hasan yang meninggal dunia di RS PAD, Selasa (31/3/2020) siang tadi pukul 11.00 karena kanker. Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan di era Soeharto itu ternyata sudah tiga bulan terakhir dirawat di rumah sakit karena penyakitnya itu.

Dikutip dari CNN, humas PB PASI, Hendri juga membenarkan kabar tersebut. "Iya betul (Pak Bob) meninggal dunia. Beliau sudah tiga bulan di rawat karena kanker," katanya.

Jenazah Muhammad Hasan, nama lengkap pengusaha terkenal di jaman Presiden Soeharto itu, akan dimakamkan di Ungaran, Jawa Tengah.

Bob Hasan adalah orang yang berada di balik keberhasilan Lalu Muhammad Zohri, atlet muda asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sempat viral di media sosial karena meraih Juara Dunia U-20 lari 100 meter putra di Finlandia beberapa waktu lalu.

Cermati. com juga menulis, meski usianya menjelang 90 tahun,  Bob Hasan meninggal dalam usia 89 tahun, ia tak pernah kehilangan semangat untuk membawa cabang olahraga atletik Indonesia mendunia.

Ia bahkan secara mandiri membiayai kebutuhan asosiasi termasuk para atlet karena minimnya dukungan dari pemerintah, contohnya asalah dalam kasus Zohri. Setiap tahunnya, pebisnis ini merogoh hingga Rp10 miliar dari kantongnya untuk membiayai asosiasi.

Biaya tersebut digunakan untuk melakukan scouting atau pencarian bakat ke seluruh Indonesia, sampai ke pelosok negeri. Talenta-talenta berbakat ini akan diberi pelatihan, biaya akomodasi, dan biaya hidup untuk pelatihan khusus di Jakarta. Hingga akhirnya menemukan Zohri yang sukses membuat bangga Indonesia.

Bob Hasan adalah pria keturunan Tionghoa yang lahir di Semarang, Jawa tengah Februari 1931 silam. Terlahir pada masa penjajahan, Bob Hasan sejak kecil diasuh oleh Jenderal Gatot Subroto.

Menjadi anak angkat petinggi kemiliteran Republik Indonesia membuat Bob Hasan begitu dekat dengan Soeharto.

Kemudian mereka menjadi mitra bisnis di segala bidang, termasuk di industri kayu. Begitu Soeharto menjadi Presiden pada 1966, Bob Hasan memulai ekspansi besar-besaran untuk bisnis penerbangan komersial di Indonesia, terutama di luar Jawa.

Kemudian pada 1970, Bob Hasan bertindak sebagai mitra Indonesia bagi perusahaan asing yang ingin berbisnis kayu di Tanah Air.

Bob Hasan juga pemegang saham terbesar di perusahaan Georgia Pacifik, Amerika Serikat. Ketika hengkang dari Indonesia, perusahaan peninggalan tersebut sepenuhnya menjadi milik Bob Hasan.

Sejak saat itu, selain kayu, lewat perusahaan induk Kalimanis Group, dia merambah bisnis lain di industri keuangan, asuransi, otomotif, dan lainnya.

Kini jagat olahraga atletik nasional telah kehilangan tokohnya, Bob Hasan yang meninggal dunia di RS PAD, Jakarta, Selasa (31/3/2020) siang tadi pukul 11.00 karena kanker. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com